Sabtu, 30 April 2011

TIP KECANTIKAN DAN PEMELIHARAAN KULIT


. TIP KECANTIKAN DAN PEMELIHARAAN KULIT

  1. Pengetahuan tentang Kulit
Yang harus diketahui
    • Kulitmu adalah organ yang kompleks dan bagian terbesar dari tubuhmu.
    • Kulit berlapis-lapis. Sel baru kulit tumbuh dalam kulit dan secara perlan naik ke atas permukaan.
    • Dalam lapisan bawah kulit ( dermis) adalah kompleks terdiri dari kelenjar, pembuluh darah, dan akhir syaraf. Kelenjar keringat memompa keringat pada permukaan kulit, dan akan menguap sehingga menjadi dingin dan memelihara suhu dalam tubuh; pengeluaran keringat juga membersihkan mikroba yang berbahaya. Kelenjar sebaseus memproduksi sebum, pelumas lilin berguna sebagai pelembab dan melindungi kulit.
    • Warna kulit terbentuk dari melanin, pigmen yang meabsorbsi radiasi ultraviolet. Apabila jumlah melanin meningkat setelah terkena sinar matahari menghasilkan warna kulit semakin coklat. bila berjemur atau bekerja diluar sebaiknya digunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet.
    • Hampir semua produk kosmetik tak dapat diserap oleh kulit yang lebih dalam. Jangan terlalu percaya bila produk kosmetik yang menyatakan dapat diserap oleh kulit bagian dalam.
    • Kulit adalah organ yang dinamik dapat berubah-ubah setiap waktu. Anda dapat mengalami kulit kering, berminyak, kombinasi, atau sensitive.
    • Kulit bermasalah kemungkinan disebabkan oleh terlalu sering dicuci, menggunakan kosmetik yan dapat mengiritasi kulit, atau  kosmetik menyebabkan alergi.
       Tip kecantikan dan pemeliharaan kulit
·         Kosmetik muka yang mengandung zat pewarna dan sinar matahari  dapat menggelapkan kulit, karena  zat warna dan sinar matahari akan menimbulkan warna yang lebih gelap. Oleh karena itu segera bersihkan  kosmetik muka  sampai bersih.
·         Krim singset yang mengandung vitamin C dengan klaim dapat mengencangkan tubuh jangan terlalu dipercaya, karena masih dalam penelitian dan hasilnya diragukan kebenaran, serta harganya mahal.
·         Kosmetik berparfum hindari kosmestik ini  bagi kulit yang sering alergi
·         Mata bengkak setiap bangun tidur pagi mata bengkak lebih saru minggu segera ke dokter karena merupakan gejal alergi,
·         Kulit kering, gatal-gatal, jerawat, dan gangguan kulit lainnya lebih dari 1 bulan segera hubungi dokter kemungkinan penyakit kulit dari bakteri atau alergi.
·         Pembersih muka sering menyebabkan kulit menjadi kering, pelembab berat dapat menutup pori dan menimbulkan jerawat. Kedaan kulit anda hanya anda yang tahu gunakan kosmetik sesuai dengan kulit anda.

  1. Membeli Kosmetik
Hal yang harus diketahui:
·         Kosmetik tidak dapat merubah secara permanen struktur dan fungsi dari kulit. Bila tidak berfungsi sebagai obat dan belum diuji klinik.
·         Baca etiket produk baik-baik. Jangan percaya pada penjual atau media yang mempromosikan kosmetik tersebut.
·         Harga bukan suatu jaminan dari kualitas dan efektifitasnya.
·         Bila yang dikatakan oleh pemasar memang benar.; maka semua orang akan mempunyai kult yang indah.
      Tip kecantikan dan pemeliharan kulit
·         Tabir  surya harus mengandung  zat yang dapat meabsorbsi sinar matahari seperti: titanium oksida, zeng oksida, oksimetosi sinamat, atau oksibenzon, SPF 15, dan digunakan paling sedikit 20 menit sebelum keluar rumah. Produk yang tidak mencantumkan  SPF bukan tabir surya.
·         Anti penuaan jangan terlalu dipercaya karena penuaan adalah proses alami, lebih baik melakukan pola makan sehat, olah raga, tingkatkan keimanan dan amal Insya Allah sehat.
·         Hipoalergenik  hati-hati memilih pelembab dan pembersih muka dapat menimbukan alergi atau gunakan kosmetik yang telah biasa digunakan.
·         Pemutih kulit gunakan pemutih kulit yang telah terdaftar di Departemen Kesehatan dan terutama yang mengandung vitamin C dan/atau trimeristin, di Amerika pemutih yang menggunakan hidrokuinon merupakan obat tidak dapat dignakan pada seluruh kulit muka karena dapat menimbulkan efek samping bila digunakan dalam waktu lama dapat menimbulkan flek hutam.

  1. Pembersih Badan
Yang harus diketahui
·         Kulit mengalami perubahan secara konstan, oleh karena itu harus mandi. Sabun mandi dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
·         Meskipun mandi harus menggunakan sabun mandi, tetapi sabun mandi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Pilihlah sabun yang sesuai dengan kulit anda
      Tip kecantikan dan pemeliharaan kulit
·         Spon,  penggosk kulit, sikat mandi dapat mengelupaskan kulit, pilihah bahan yang lembut untuk membersihkan badan.dan gunakan sekali sehari sebelum tidur atau sore hari.
·         Sabun mandi sebaiknya menggunakan sabun mandi dengan PH 5 – 6 sesuai dengan kulit.
·          Scrub atau lulur pilihlah yang halus, alami (lulur) lebih baik dati yang sintetik gunakan tidak lebih dari 2 kali dalam satu minggu pada sore hari. Gunakan pelembab sebelum dilulur.
·         Masker sebaiknya menggunakan masker pada sore hari bukan pagi hari, karena pada sore hari kulit dalam keadaan buruk. Hal ini dapat memulihkan kondisi kulit sebelum terkena sinar matahari dan kesibukan kerja.

  1. Memilih Pembersih dan Pelembab
Yang harus diketahui
·         Pembersih  untuk membersihkan sel permukaan kulit, sisa sabun, dan minyak dari kulit. Sering kali kulit menjadi kering. Bila kulit sangat berminyak tidak perlu menggunakan pembersih secara berkala.
·         Hampir semua orang memerlukan pelembab yang efektif. Semua pelembab baik yang  murah atau mahal bekerja untuk memperlambat penguapan air dari permukaan kulit.
·         Pilihlah pelembab yang digunakan sesuai dengan tipe kulit anda. Kulit kering gunakan yang berminyak dan untuk kulit berminyak gunakan yang bebas minyak.
·         Pembeli yang bijak selalu membaca kandungan zat setiap membeli kosmetik dan buang bila tidak nyaman untuk kulit anda.
       Tip kecantikan dan perawatan kulit
·         Bila pori-pori tidak tertutup dengan pembersih, beri dulu minyak baru dibersihkan dengan pembersih.
·         Pembersih yang sesuai dengan kulit anda adalah bila dibersihkan terasa kulit menjadi halus bukan menjadi kering.
·         Jangan gunakan pembersih yang menyebabkab kulit anda terasa panas, menyengat, membengkak, mengelupas, atau rusak. Demikian pula bila kulit terasa kering, kencang, dan iritasi. Kembalikan produk tersebut ke toko tempat anda membeli produk dan minta ganti dengan produk lain. Bila efek samping  terjadi sampai lebih dari 3 minggu segera hubungi dokter.
·         Pelembab yang terbaik adalah minyak zaitun terkenal sejak 6000 tahun yang lalu.
·         Vitamin E atau tokoferol bermanfaat untuk melembabkan bukan mencegah penuaan.
·          Bila kulit anda sangat kering dan tidak berjerawat gunakan pelembab sebelum tidur sambil dipijit-pijit selama beberapa menit.
·         Kadang-kadang produk pelembab disertai produk air sebagai pembasah sebelum menggunakan pelembab, jangan dibeli sama dengan fungsi air pump.
·         Kulit kering jangan menggunakan kosmetik mengandung aseton, alcohol, bezoil peroksida, kamfor, aroma jeruk, kayu putih, dan mentol akan mengiritasi kulit.
·         Kulit berminyak jangan menggunakan kosmetik mengandung minyak mineral, vaselin, lanolin tambah berminyak. Bila berjerawat setiap sebelum mandi sore oleskan muka dengan air jeruk nipis.
·         Bila tangan dan kaki anda terlalu kering sebelum tidur oleskan vaselin atau minyak mineral..
·         Bila anda luka hentikan pendarahan dengan mengopres dengan minyak Tawon.
 
  1. Memilih Kosmetik (dasar bedak, bedak, pewarna pipi, dan kosmetik mata)
Yang harus diketahui
·         Kenalilah kulit anda, warna kulit jangan terpengaruh pada saran penjual kosmetik.
·         Sesuaikan dasar bedak, bedak dan pewarna pipi  sehingga kelihatan alami dan serasi.
·         Sebelum membeli minta dulu contoh untuk dicoba di rumah, karena sinar lampu seringkali menipu warna.
·         Beli kosmetik yang dapat digunakan siang dan malam hari. Jangan membeli kosmetik yang berwarna tajam, karena zat warna digunakan dalam waktu lama dapat menggelapkan kulit..
       Tip kecantikan dan perawatan kulit
·         Kulit kering sebelum mengunakan kosmetik basahi muka terlebih dulu dengan air. Coba  dari  beberapa sample kosmetik dan pilih yang sesuai dengan kulit anda atau yang terasa nyaman pada kulit dan kelihatan alami.
·         Ingat warna tajam dari kosmetik seringkali menibulkan flek-flek pada kulit muka, tanggulangi dengan menghentikan kosmetik dan gunakan lulur seminggu dua kali pada sore hari.
·         Pembersih yang sesuai dengan kulit anda adalah bila dibersihkan terasa kulit menjadi halus bukan menjadi kering.
·         Jangan gunakan pembersih yang menyebabkab kulit anda terasa panas, menyengat, membengkak, mengelupas, atau rusak. Demikian pula bila kulit terasa kering, kencang, dan iritasi. Kembalikan produk tersebut ke toko tempat anda membeli produk dan minta ganti dengan produk lain. Bila efek samping  terjadi sampai lebih dari 3 minggu segera hubungi dokter.
·         Pelembab yang terbaik adalah minyak zaitun terkenal sejak 6000 tahun yang lalu.
·         Vitamin E atau tokoferol bermanfaat untuk melembabkan bukan mencegah penuaan.
·          Bila kulit anda sangat kering dan tidak berjerawat gunakan pelembab sebelum tidur sambil dipijit-pijit selama beberapa menit. 
·         Kosmatik mata harus sesuai dengan kulit anda, karena kulit sekitar mata sangat sensitive, dan gunakan kometik mata yang aman dan alami.
·         Eyeshadow gunakan yang berbentuk bedak jangan krim, karena krim sukar digunakan dan tertimbun dalam lipatan kelopak mata. Jangan gunakan lipstk dan pewarna pipi sebagai eyeshadow, karena kelopak mata sangat sensitif
·         Eyeliner yang berbentuk pensil jangan bentuk cairan, karena cairan lebih mengiritasi mata. Pensil mata digunkan pada bagian luar mata.
·         Mascara  jangan diberi air !, akan menimbulkan iritasi pada mata. Hati-hati menggunakan mascara !, bulu mata yang sudah lentik jangan gunakan mascara.
      
  1. Memilih Kosmetik Rambut dan Kuku
Yang harus diketahui
·         Rambut sehat adalah siklus pertumbuhan, istirahat dan grontok kerontokan tidak permanen.
·         Berambut sedikit beri minyak kemiri sebelum karmas atau krimbat 2 minggu sekali.
·         Ranbut anda ikal atau keriting, lema, kaku, hitam atau coklat tidak masalah. Aturlah sesuai dengan bentuk muka anda dan kelihatan alami. Anda akan terlihat mempesona bila anda percaya diri.
·         Masalah rambut dan kuku pada umumnya menjadi kering karena sering dicuci , zat kimia (cat rambut, keriting, rebonding),  pemanasan menyebabkan rambut kering dan mudah patah,. Demikian pula cat kuku dan kuku palsu membuat kuku kering.
·         Memotong kuku jangan terlalu pendek untuk menjaga kesehatan kuku. Bersihkan cat kuku secara berkala agar kuku tidak kering.
       Tip kecantikan dan perawatan rambut dan kuku
·         Rambut rontok sehari 50 –100 helai adalah biasa, bila lebih dari 100 helai baru masalah dan segera ke dokter. Untuk menghindar kerontokan beri minyak kemiri dan atau zaitun sambil dipijit-pijit sebelum tidur
·         Kebotakan pada umumnya terjadi pada pria karena penuaan dan atau bawaan. Demikian pula terjadi kerontokan rambut pada perempuan karena penuaan. Pakai kopyah atau kerudung dapat menyembunyikan kerontokan rambut. Olesi minyak kemiri atau minyak zaitun sambil dipijit-pijit sebelum tidur.
·         Konsultasi pada dokter pada umumnya diberi minokxidril (Rogaine) lebih efektif untuk perempuan. Fenasteride (Propecia digunakan untuk kebotakan pada pria atau transplantasi rambut.
·         Kerusakan rambut parah pada umumnya disebabkan kekurangan gixi, vitamin,mineral dan protein atau penyakit hipotiroid. Bila terjadi kerusakan rambut disertai gejala letih-lesu, pingggang nyeri, lemas, kulit keringdan suara dalam segera ke dokter.
·         Gunakan sampo dengan pH 4,5 – 5,5.
·         Depilatory (penghilang rambut) jangan gunakan di sekitar mata, karena sangat iritaasi, bila kena mata segera cuci dengan air mengalir selama 15 menit, bila mata menjadi merah segera ke dokter.
·         Depilatory mengandung lilin sebaiknya digunakan di salon.
·         Sebaiknya jangan menggunakan pemucat rambut, karena dapat merusak rambut bila dipakai berulangkali.
·         Penggunaan cat rambut permanen dan semi permanen menimbukan efek alergi.
·         Gunakan cat kuku bila perlu dan segera dibersihkan dengan aseton dan kemudian beri pelembab.
·         Kuku palsu dilepas setiap 48 jam, bersihkan dan beri pelembab.


  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar